Demi Mempertahankan Piala Adipura, Andri Windra Siap Benahi Pasar Baru Baturaja Menjadi Lebih Baik

oleh -49 views
Kepala Pasar Baru, Andri Windra SE

BATURAJA OKU-Dengan bertambahnya pasar modern dimana-mana, Pemkab OKU dalam hal ini PD Pasar Baturaja akan terus mempertahankan keberadaan pasar tradisional yang ada di Kabupaten OKU. Sekarang ini banyaknya berdiri Ramayana, Citimall, Alpamart, Indomaret, SMS Mart, UB Mart dan lainnya. Tak dipungkiri pasar tradisional akan terpinggirkan jika tidak diperhatikan keberadaannya. Semuanya dilindungi peraturan dan undang-undang. Maka dari itu, bagaimana semua bisa eksis karena masing-masing punya segmen pelanggan, kata Direktur Umum PD Pasar Syaiful Doelhir, saat ditemui beberapa waktu yang lalu.

PD Pasar Baturaja OKU, lanjut dia, telah memiliki cara untuk melindungi pasar tradisional di tengah gempuran perdagangan bebas. Era globalisasi dan maraknya pasar modern, seperti mall, supermarket, dan penjualan online, menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Alhasil, pasar tradisional yang ada selama ini oleh sebagian masyarakat dinilai kotor dan lain sebagainya justru akan ditinggalkan. Kami akan menata sedemikian rupa bangunan yang ada saat ini, kami pelihara dan kami rawat, ujarnya.

Dirum PD Pasar bersama Kepala Ps Baru

Kemudian, terkait dengan sumber daya manusia (SDM) atau pedagang pasar tradisional. Untuk meningkatkan kemampuan pedagang dalam menjual dagangannya, Syaiful mengaku selalu memberikan penyuluhan kepada pedagang pasar yang ada di OKU, saat ini yang selalu kami kunjungi ada 7 (tujuh) pasar tradisional di Peninjauan, Pengandonan, Batumarta termasuk kalangan-kalangan serta pasar tumpah. Kami juga mendampingi, melakukan pembinaan kepada pedagang di pasar-pasar tradisional.

Sistem penarikan retribusi juga kami perbaiki, untuk diketahui, apa yang ditargetkan oleh Pemkab OKU (Sekda) dalam hal retribusi pertahunnya selalu tercapai target yang dibebankan pada kami, contoh restribusi untuk Pasar Baru di targetkan sebesar 70 juta rupaih perbulannya, alhamdulillah tercapai. Adapun semua yang dilakukan PD Pasar tersebut, jelas Syaiful, dalam rangka untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan pasar tradisional. Sebab, pedagang dan pengunjung yang datang ke pasar sangat banyak. Orang yang datang juga perlu dilayani dengan baik dan ramah. Tutur Direktur Umum Syaiful Doelhir.

Baca Juga :   PT. Bukit Asam Kembali Gelar Sunatan Massal Anak Ring I
Pasar Baru Baturaja OKU

Ditempat yang sama Kepala Pasar Baru Baturaja, Adri Windra SE, mengatakan, untuk mempertahankan keberadaan pasar harus ada daya tarik, baik dari komoditas, nilai jual, jumlah, variasi, maupun kualitas yang ada di pasar tradisional. Inilah yang menjadi perhatian rekan-rekan pedagang. Kami juga melakukan perbaikan tata kelola pasar dengan memperbaiki sarana dan prasarana pasar, infrastruktur Pasar Baru Baturaja sehingga tidak kelihatan kumuh, enak dipandang mata, dan sebagainya, tutur Andri.

Khusus Pasar Baru sebagaimana tanggung jawabnya, Baru baru ini ia mendapat kunjungan Bupati OKU H Kuryana Azis,  Andri menyampaikan, Ia siap untuk mempercantik dan memperindah Pasar Baru, dengan melakukan pembersihan melalui program Jum’at bersih. Sebenarnya kami dari pasar tradisional sangat mendukung apa yang diperintahkan orang nomor satu di Bumi Sebimbing Sekundang tersebut untuk mempertahankan Piala Adipura yang telah diperoleh Pemkab OKU. Semoga program Jum’at bersih bagi Pasar Baru merupakan kewajiban bagi kami yang mengelola pasar tradisional ini. Tujuan dari Jumat bersih, agar kondisi pasar bersih sehingga minat masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional terus meningkat.

Program Jumat bersih sudah berjalan lama. Pelaksanaannya setiap hari Jumat dengan maksud pasar tradisional kita terlihat bersih, rapi, tidak becek, serta indah dilihat. Kegiatan ini, melibatkan pegawai pasar mulai dari staf, petugas kebersihan, dan petugas keamanan sehingga semua bisa bekerjasama dalam bentuk menjaga kebersihan pasar. Adanya kegiatan rutin tersebut mampu menjadikan pasar rapi dan bersih sehingga ada keinginan masyarakat untuk singgah ke pasar tradisional, dan kami berharap Kabupaten OKU dapat mempertahankan Piala Adipura untuk yang ke dua, pungkasnya. (yudi)