CFW Program KOTAKU Sangat Bermanfaat Bagi Warga Sekitar

oleh
Askot Kotaku berdiskusi dgn Plh. Bupati & Ka Balai PPW Sumsel

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH bersama Kepala Balai PPW Provinsi Sumatera Selatan Achmad Irwan Kusuma, ST, MT meninjau langsung  pelaksanaan kegiatan Cash For Work (CFW) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Tahun 2021 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Bertempat di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU, Jum’at (6/8/2021).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri oleh Kadin Perkim OKU Ir. H. Ulia Mahdi, MM, Tenaga Ahli Sosial Kotaku Sumsel Ahmad Yudhi, SE, Askot CD Mandiri OKU Muksin Danier, ST, Dirut PDAM Tirta Ogan H. Abi Kusno, SE, Para Kabid dan Instansi terkait lainnya, Lurah Tanjung Agung Faisol Fahmi, SSos, Ketua LKM Marcos Khalik, ST, UPL dan Pekerja di Keluarahan Tanjung Agung.

Askot CD Mandiri OKU Muksin Danier, ST menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Cash For Work (CFW) Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Tahun 2021 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sudah dilakukan pelaksanaannya beberapa waktu yang lalu, katanya.

Proses pelaksanaan kegiatan disemua lokasi CFW tidak berjalan secara bersamaan, karena pencairan keuangan dilakukan secara bertahap. Total kelurahan yang mendapatkan alokasi CFW Program Kotaku 2021 di Kabupaten OKU sebanyak 25 Kelurahan/Desa.

Ditambahkan Muksin Danier, ST melalui kegiatan CFW menginspirasi Kepala Daerah untuk mengembangkan Objek Wisata dipinggiran Sungai Ogan dengan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di wilayah Baturaja-OKU.

Askot Kotaku saat memberi penjelasan kepada Plh. Bupati

Dengan adanya Cash For Work (CFW) berupa Taman Wisata Pinggiran Sungai Ogan di Kelurahan Tanjung Agung pada akhirnya akan membantu masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid-19 yang kita tidak tahu kapan akan berakhirnya penyakit yang mematikan tersebut, katanya.

Untuk diketahui sebagai pekerja dalam kegiatan CFW itu sendiri adalah masyarakat sekitar kegiatan. Dengan adanya kunjungan dari Plh. Bupati OKU dan Kepala Balai PPW Sumsel serta Kepala Dinas Perkim OKU diharapkan akan menambah antusias warga untuk menjaga kelestarian lingkungan dimana pelaksanaannya berada.

Baca Juga :   Kunker Kajati Sumsel: Meninjau Persiapan Penilaian WBK Dari Kemenpan RB

Untuk memastikan pelaksanaan di lapangan dan kesesuaian dengan progres maka dilakukan monitoring lapangan oleh Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH juga didampingi Kadin Perkim OKU Ir. H. Ulia Mahdi, MM dan Jajarannya serta Tenaga Ahli Sosial Program Kotaku Ahmad Yudhi, SE.

Pelaksanaan monitoring di hari Jum’at (6/8/2021) di Kelurahan Tanjung Agung didampingi oleh Askot Mandiri Kotaku OKU Muksin Danier, ST, Yulian Sonata, ST, Andri Aprianza, ST, Rama Handrawan, SE, Rudi Heryanto, SE, Muhammad Husin, SH, Ketua LKM Bunga Tanjung Marcos Halik, ST, UPL dan masyarakat sekitar.

Monitoring kali ini bertujuan untuk memastikan kegiatan dilapangan telah berjalan dengan baik dan sekaligus dilakukan pembinaan terkait dengan kegiatan CFW Program Kotaku yang berada di Bumi Sebimbing Sekundang.

Dengan demikian diharapkan program ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat oleh KSM. Secara garis besar kegiatan di lapangan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Askot CD Mandiri selalu mengingatkan kepada para LKM, UPL, KSM agar dalam pelaksanaan selalu menjaga kesehatan dan jangan mematuhi protokol kesehatan berupa 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan dengan Sabun dan Menjaga jarak aman). Usai monitoring Plh. Bupati OKU mengajak warga foto bersama di Objek Wisata Sungai Ogan (yudi).