Camat Lawang Kidul Serahkan Secara Simbolis Bansos Beras ke Warga Terdampak PPKM

oleh
Camat Lawang Kidul saat memberikan ke Suryanti

TANJUNG ENIM,Samudra.News-Bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah melalui Kementerian Sosial kepada warga masyarakat di daerah yang terdampak akibat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai dua hari Rabu dan Kamis (4-5/8/2021) didistribusikan.

Camat Lawang Kidul Andri Martin, SE menjelaskan, Kecamatan Lawang Kidul (LAKI) sebanyak 1.900 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Tujuh (7) Kelurahan/Desa terdata sebagai penerima bantuan.

Bantuan berupa Beras tersebut diserahkan secara simbolis oleh Camat Lawang Kidul Andri Martin, SE didampingi Jajaran  Kecamatan di Kantor Kecamatan Lawang Kidul-Tanjung Enim-Muara Enim, Kamis (5/8/2021).

Andri Martin, SE beserta penerima Bansos Beras PPKM

Andri Martin, SE melanjutkan, Bantuan Sosial (Bansos) ini merupakan bantuan yang berasal dari Kementrian Sosial berupa 10 Kg Beras untuk setiap Kepala Keluarga (KK). Bantuan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), ujarnya.

Bantuan kita berikan kepada KPM yang masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan yang masuk dalam program Bantuan Sosial Tunai (BST). Total kita serahkan bantuan untuk 19.000 Ton untuk KPM yang tersebar di Tujuh (7) Kelurahan/Desa di Kecamatan Lawang Kidul, ujarnya.

Lebih lanjut Andri Martin menambahkan, KPM yang telah terdata dapat menjemput bantuan tersebut ke Kantor Lurah/Kades setempat. Bantuan berupa Beras yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Sosial tersebut didistribusikan bagi yang terkena dampak penetapan status PPKM Darurat.

Penyerahan Beras secara simbolis dari pemerintah

Selama PPKM, aktivitas warga dibatasi yang mengharuskan mereka lebih lama waktu di rumah, saat tak ada keperluan darurat. Kondisi itu berdampak pada aspek sosial dan ekonomi mereka, terutama penurunan pendapatan dalam sehari-hari, tambahnya.

Andri Martin berharap, baik Bansos berupa beras maupun bantuan bentuk apa saja, yang terpenting dapat membuat masyarakat terbantu sehingga mampu menghadapi situasi sulit di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai dan tidak tahu kapan berakhirnya. Kita sama-sama berharap Covid-19 ini segera berakhir, ujarnya.

Baca Juga :   Kadis Dukcapil Empat Lawang Terjun Langsung Melayani Masyarakat

Salah satu warga Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Suryanti (46) mengaku, Bansos yang diterima dari Pak Camat Lawang Kidul Andri Martin ini bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhannya sehari-hari bagi keluarga selama PPKM. Saya (Suryanti) mengucapkan terima kasih atas beras yang diberikan Pak Camat dan jajarannya, pungkasnya (yd).