Camat Lawang Kidul Hadiri Launching Program Pengentasan Kemiskinan PTBA

oleh -0 views
Andri Martin dan Unsur Tripaka Lawang Kidul

TANJUNG ENIM,Samudra.News-PJ. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar didampingi Camat Lawang Kidul Bersama Direktur Utama PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Suryo Eko Hadianto melaunching Program Pengentasan Kemiskinan. Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Baru Bukit Asam, Tanjung Enim, Muara Enim, Jum’at (19/11/2021).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri oleh Unsur Forkopimda Muara Enim, Camat Lawang Kidul (LAKI) dan Forkopimcam Lawang Kidul, Lurah, Kades, BPD, BUMDes dan LPMK di lingkup Kecamatan Lawang Kidul serta perwakilan Forum RT RW/Kadus Se-Kecamatan Lawang Kidul.

Dirut PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Suryo Eko Hadianto mengatakan, penyebab lahirnya program pengentasan kemiskinan serta memaparkan program kerja berkelanjutan dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kecamatan Lawang Kidul khususnya, ujarnya.

PJ. Bupati Muara Enim dan Dirut PTBA Tanjung Enim

Terlahirnya program pengentasan kemiskinan yang kurang lebih baru berumur 2 (dua) bulan ini bukan tanpa alasan dan sebab yang jelas, pasalnya setelah disurvei dan dikumpulkan data-data masyarakat miskin di Kecamatan Lawang Kidul ternyata ada sekitar 16.412 orang pra sejahtera (masyarakat miskin) yang berada disamping Kantor Pusat PTBA Tanjung Enim.

Mengingat sejak berdiri PT. Bukit Asam (Persero) Tbk di Tanjung Enim pada tahun 1919 atau tepatnya 102 tahun silam sampai sekarang Batubara di Tanjung Enim sudah dibawa keseluruh dunia,

Bahkan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk tercatat sebagai salah satu perusahaan yang menghasilkan keuntungan yang cukup disegani di Indonesia, dengan hal tersebut manajeman PT. Bukit Asam (Persero) Tbk akhirnya kami mencetuskan program pengentasan kemiskinan ini, kata Dirut PT. Bukit Asam (Persero) Tbk.

Kami ingin membuat masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul semuanya sejahtera yang diantaranya yaitu minimal anak-anak bisa sekolah dari SD sampai SMA/SMK dengan program sekolah gratis di Yayasan Bukit Asam, bisa berkuliah dengan beasiswa gratis serta berobat gratis dengan BPJS Kesehatan yang tentu hal tersebut kita persembahkan untuk 16.412 masyarakat tadi, imbuhnya.

Baca Juga :   Mengenal DWI BINTANG SATRIO, Hakim Baru PN Baturaja Keturunan Baturaja
Camat Lawang Kidul dan unsur Kelurahan/Desa

Suryo Eko mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk peduli terhadap orang-orang tersebut, untuk tidak hanya tinggal diam saja terutama kepada seluruh Karyawan PTBA selaku objek utamanya agar dapat berbuat lebih demi mensejahterakan masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul melalui program pengentasan kemiskinan ini.

Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar mengatakan, dirinya merasa senang dan salut terhadap kepedulian PT. Bukit Asam (Persero) Tbk kepada masyarakat, terutama peduli terhadap 16.412 masyarakat miskin di Kecamatan Lawang Kidul yang tentu didukung jajaran manajeman PTBA direalisasikan melalui program pengentasan kemiskinan yang baru saja diluncurkan tadi, ujarnya.

Hari ini saya melihat kepedulian yang luar biasa dari PTBA, kalau bicara CSR, bicara Community Development, PTBA adalah Juaranya di Provinsi Sumsel, terima kasih, jangan pernah lelah, kata Nasrun Umar sembari memberi semangat.

Namun, tentu hal tersebut harus diiringi dengan welcome dari masyarakat Tanjung Enim yang dapat diartikan dengan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program-program yang dijalankan PTBA karena dirinya meyakini jika perusahaan nyaman baik dalam operasinya ataupun hal lainnya maka akan berdampak baik pula bagi lingkungan masyarakat sekitar.

Camat Lawang Kidul bersama unsur Tripika

Ditempat yang sama Camat Lawang Kidul (LAKI) Andrille Martin, SE saat dibincangi awak media mengatakan, dirinya menyambut baik atas program yang sudah ditandatangani berupa MoU PT. Bukit Asam dengan Kelurahan/Desa yang ada di wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

Camat berharap agar warga miskin yang ada di Kecamatan Lawang Kidul di Ring I PT. Bukit Asam (Persero) Tbk sebanyak 16.412 ribu ini dapat meningkat kesejahteraannya. Andri Martin tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PTBA dan Jajarannya bahwa warga masyarakat di wilayah Kecamatan Lawang Kidul yang tidak mampu di sekolahkan ke sekolah di bawah Yayasan PTBA tanpa dipungut biaya.

Baca Juga :   Bupati H Kuryana Azis Resmikan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Baturaja

Semoga PT. Bukit Asam (Persero) Tbk tetap jaya dan tetap dekat dihati masyarakat Kecamatan Lawang Kidul. Terkait dengan UMKM, Camat Lawang Kidul Andri Martin berharap agar selalu eksis dibina dan diberikan modal usaha untuk mengebangkan Usaha Kecil Menengah mareka.

Kemudian untuk BUMDes yang bermitra dengan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk agar dapat diberdayakan dan diberikan pembinaan kewirausahaan. Sekali lagi saya atas nama masyarakat Kecamatan Lawang Kidul mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PT. Bukit Asam (Persero) Tbk terkhusus Dirut PTBA Suryo Eko beserta Jajarannya, pungkasnya (ril).