Bupati OKU Timur Pimpin Apel Kesiapsiagaan Terhadap Karhutla

oleh -167 Dilihat
Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST tinjau kesiapsiagaan Karhutla

MARTAPURA,Samudra.News-Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST didampingi Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Terhadap Penanggulangan Bencana. Bertempat di Halaman Pemkab OKU. Rabu (13/7/2022).

Memasuki lapangan upacara, Bupati Enos dengan gagah menaiki kendaraan milik TNI-AD jenis Panser Ferret berkeliling lapangan memantau personil yang mengikuti apel kesiapsiagaan.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST mengatakan, ia mengajak untuk membangun komitmen bermitra berkerjasama dalam upaya pencegahan dan penanganan pengendalian bencana alam dan non alam seperti banjir, karhutla, angin puting beliung, tanah longsor dan Covid-19 di Kabupaten OKU Timur.

Pencegahan dan penanganan pengendalian bencana merupakan tanggung jawab semua pihak, upaya pengendalian akan berhasil secara optimal apabila didukung oleh peranserta yang konstruktif dan komitmen yang kuat dari semua pihak yang dilakukan secara solid, serius dan koordinatif disertai kepatuhan kita semua terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, ujarnya.

Bupati Enos juga mengatakan bahwa apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan setiap tahunnya diarahkan untuk mempersiapkan personil dan peralatannya agar lebih cepat dan siap untuk dapat di mobilisasi.

Saya sangat menyambut diadakannya apel kesiapsiagaan ini, agar para personil penanggulangan bencana selalu siap dengan peralatan yang ada, peralatan juga harus dalam kondisi baik agar bisa digunakan secara maksimal di lapangan dan siap untuk di mobilisasi ke lokasi bencana di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan, tegasnya.

Bupati yang biasa disapa Bang Enos berharap dan menghimbau dalam apel kesiapsiagaan ini untuk semua pihak melakukan langkah-langkah strategis dalam pengendalian bencana di Kabupaten OKU Timur.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mgs. Habibullah, S.IP., M.M. dalam laporannnya mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 250 personil yang diantaranya terdiri dari Kodim 0403 OKU, Puslatpur Martapura, Yon Armed 15/105 Tarik, Polres OKU Timur, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, BPBD, Sat Pol-PP dan Damkar sertai dinas lainnya.

Baca Juga :   HUT Ke-19 OKU Selatan Tema “Maju Bersama Menuju OKU Selatan Yang Lebih Sejahtera”

Untuk mengantisipasi bencana alam dan non alam tahun 2022, Kabupaten OKU Timur telah menetapkan status sesuai keputusan Bupati OKU Timur No. 269 Tahun 2022 Tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutla di Kabupaten OKU Timur Tahun 2022, juga surat keputusan Bupati OKU Timur No. 473 Tahun 2022 Tentang Siaga Darurat Bencana Banjir Tanah Longsor Posko Siaga Darurat Bencana Banjir Tanah Longsor Angin Puting Beliung dan Karhutla” Jelasnya.

Setelah apel selesai, Bupati Enos beserta rombongan menyaksikan simulasi penanganan Karhutla dan melakukan penanaman simbolis rumput vetiver bersama Forkopimda, Sekda OKU Timur Jumadi, SSos dan Sutopo yang merupakan perwakilan dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang (ril).