Bupati OKU Timur: Berbanggalah Jadi Petani, Jadi Petani Itu Keren

oleh -103 Dilihat
Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, ST didampingi Rice Business Head PT. Wilmar Padi Indonesia, Saronto

OKUT.Samudra.News-Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, ST didampingi Rice Business Head PT. Wilmar Padi Indonesia, Saronto melaksanakan Panen Raya Padi Demontration Plot (Demplot) Pupuk Mahkota IP-200 di lahan sawah padi milik petani di Desa Bangun Harjo Kecamatan Buay Madang Timur (BMT).

Hasil panen tersebut dinilai berhasil, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten OKU Timur akan menjalin kerjasama dengan PT Wilmar Padi Indonesia. Senin (29/082022).

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil panen padi melalui metode demplot melalui plot pupuk mahkota IP 200, kata Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin ST yang biasa disapa Enos ini.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengatakan bahwa jadi petani itu keren, ia berharap produksi padi di OKU Timur dapat meningkatkan setalah menyaksikan panen raya semusim tanam kedua yang terlihat panen sangat bagus setelah diukur ada kenaikan 30%.

Bupati berharap, PT. Wilmar dapat berinvestasi di Kabupaten OKU Timur ini termasuk pabriknya, melihat secara geografi di bagian Martapura belum ada, agar benar-benar sering integrasi dengan lahan-lahan pertanian, jelasnya.

Sementara Rice Business Head PT. Wilmar Padi Indonesia, Saronto, mengatakan, melalui program kemitraan tersebut, pihaknya akan memberi pendampingan dalam teknik penanaman yang tepat, pengaplikasian sarana produksi pertanian, dan teknik pemanenan yang baik.

Dijelaskannya, PT. Wilmar Indonesia merupakan perusahaan bergerak di bidang agribisnis. Melalui kerjasama ini, kami  memperkenalkan kepada petani produk pupuk mahkota yang menurutnya berkualitas sehingga bisa meningkatkan hasil produksi.

Seperti yang disampaikan Bupati OKU Timur tadi agar nilai tukar dari petani juga meningkat tentunya dengan harga yang sesuai yang baik pada saat musim panen, maupun tidak musim panen jadi kerjasama ini nanti kita tindaklanjuti dengan MoU, ungkap Saronto.

Baca Juga :   Bupati OKU Drs. H. Kuryana Hadiri Pelantikan DPD REI OKU Periode 2020-2023

Ditambahkan dia, nantinya hasil panennya para petani tersebut  kita akan  beli dengan harga yang fair kemudian juga target kita ini bisa 500 hektar kita harapkan bisa mencapai 2.000 hektar per tahun.

Kerjasama dan meningkat sehingga kerjasama ini kedepannya bisa juga membangun drawing atau kita sebut dryer untuk pengeringan padi sehingga bisa kita kirim ke resmiling sudah dalam bentuk gabah kering giling, lanjutnya.

Bagi petani disampaikan Saronto, untuk mendapatkan pupuk nantinya bisa melalui Gapoktan bersamaan bibit maupun pupuk yang disiapkan sehingga bisa menyuplai pupuk pada petani.

Kita berharap pemerintah OKU Timur dan PT Wilmar bekersama secara berkelanjutan sehingga meningkatkan hasil produksi petani, pungkasnya (**).