Bupati OKU Saksikan MoU Antara BPR Baturaja Dengan BPD Banten

oleh -85 views
Bupati saksikan MoU antara BPR degan Bank Banten

BATURAJA OKU-PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Bank Banten) memperluas program linkage bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Baturaja milik Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebagaimana yang dilakukan MoU antara BPR Baturaja dengan BPD Banten yang dilakukan di Rumah Dinas Bupati OKU, Kamis (01/11).

Kerja sama itu diwujudkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani di Baturaja OKU yang disaksikan langsung oleh Bupati OKU H Kuryana Azis. Program linkage adalah salah satu cara untuk mendorong fungsi intermediasi bank menjangkau para pelaku ekonomi di sektor UMKM bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bank Banten telah melakukan program linkage sejak beberapa tahun yang lalu.

Poto bersama usai penandatangannan

Dengan adanya MoU ini, Bank Banten dapat mengembangkan kredit program linkage kepada  BPR Baturaja dan BPR lainnya yang ada di seluruh Indonesia. Penandatanganan MoU ini secara langsung dilakukan oleh Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Komisaris Utama BPR Baturaja Bhakti Perdana Dalimi serta disaksikan Bupati OKU, Asisten II Fahruddin Rozi, Manajer BPR Januar, Kabag Humas Riduan dan undangan lainnya.

Usai penandatangan MoU tersebut, Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa menyampaikan kepada media, ia merasa bahagia dan menyambut baik kerjasama pihaknya dengan BPR Baturaja yang telah ditandatangani ini. Bank Banten saat ini telah memperluas jaringan perbankan melalui kerjasama dengan BPR Baturaja. Kami berterima kasih dan menyambut baik dengan telah dilakukannya kerjasama ini dan dilakukan langsung di Bumi Sebimbing Sekundang.

Poto bersama Buapati usai penandatangannan MoU

Bank Banten menurut Fahmi Bagus Mahesa, juga akan menjadi bank yang menyediakan sumber pendanaan bagi BPR Baturaja untuk menyalurkan kredit modal usaha dengan suku bunga dan syarat yang ringan. Bank Banten menurut Fahmi juga akan menjadi bank yang akan membantu BPR Baturaja disaat kekurangan dana, misalnya disaat menjelang lebaran, tahun ajaran baru dimana jumlah pinjaman atau kredit meningkat, ujarnya.

Baca Juga :   Bupati OKU Terima Audensi Direksi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk

Kerja sama antara Bank Banten dengan BPR Baturaja ini, tujuannya agar kita bisa membantu pengusaha mikro di daerah untuk bisa mendapatkan akses pembiayaan dan  pendampingan dengan menggandeng BPR sebagai lenders. Dirut Bank Banten menambahkan kerjasama ini bisa menjadi pilot project dengan Bank Perkreditan Rakyat yang ada di Sumatera Selatan terutama BPR di Kabupaten OKU. Tak menutup kemungkinan, beberapa BPR lainnya di OKU akan turut bekerjasama dengan Bank Banten. Pungkasnya (yudi)