Home / Adv / Bupati OKU Mengapresiasi Kehadiran PT. Pertamina PGE Lumut Balai

Bupati OKU Mengapresiasi Kehadiran PT. Pertamina PGE Lumut Balai

Bupati bersama Humas PT. Pertamina PGE

BATURAJA OKU-PT. Pertamina PGE Lumut Balai yang diwakili bagian Humas PGE Dyah Purwaningsih dan Sustyo Hindiarto serta Penulis Buku PGE Beyond Energy Ir. Anif Punto, MTI. Melakukan audiensi dengan Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dengan didampingi Asisten II Pemkab OKU, Fahruddin Rozi. Acara tersebut berlangsung di Rumah Kabupaten OKU, Rabu (17/07).

Bupati OKU menyambut baik atas kedatangan dan kerjasama PT. Pertamina PGE Lumut Balai dengan Pemerintah Kabupaten OKU. Bupati OKU menyampaikan bahwa PT. Pertamina PGE sebagian masuk wilayah OKU dan sebagian lagi masuk wilayah Kabupaten Muara Enim.

Bupati terima cindramata dari tamunya

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi ( PLTP ) Pertamina Geothermal Energy ( PGE  ), tentu sangat bermanfaat untuk menambah pasokan listrik bagi PT. PLN, untuk disalurkan kepada masyarakat. Dengan bertambahnya pasokan listrik ini diharapkan kekurangan daya listrik khususnya di Kabupaten OKU dapat teratasi.

Sesuai Undang Undang No. 33 Tahun 2004 tentang perimbangan daerah keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, bahwa penerimaan pertambangan panas bumi yang dihasilkan dari wilayah daerah yang bersangkutan yang merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak dibagi dengan imbangan 20 persen untuk Pemerintah Pusat dan 80 persen untuk daerah.

Dari dana bagi hasil tersebut dapat digunakan untuk memperbesar porsi pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana umum seperti perbaikan jalan, jembatan, rumah sakit, puskesmas, sekolah, sanitasi, air minum dan yang lainnya. Ada beberapa hal yang mendesak dan sinergi dengan Pemerintah Provinsi yaitu pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran, pendidikan, pembangunan rumah layak huni.

Bupati menyampaikan kata sambutannya

Dengan kehadiran peran PGE terutama pada variable pemerintah yg diprediksi dari naiknya dana bagi hasil, maka kita optomis target itu akan tercapai bahkan terlampaui dan mendukung pencapaian target nasional dan provinsi hingga menjadi 5 persen. Bupati optimis masyarakat OKU bisa menikmati dari hasil kerjasama yang akan dilaksanakan tersebut.

Baca Juga :   Sekda Lantik 263 Jabatan Fungsional & Meminta ASN Amanah Dalam Bekerja

Bupati juga mengharapkan kepada PGE agar memperhatikan masyarakat di sekitar lokasi itu melaksanakan CSR dan Capacity Development sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan masyarakat sekitar.

Poto bersama di depan rumah kabupaten

Ditambahkan Bupati OKU, dengan adanya kehadiran PGE di Bumi Sebimbing Sekundang ini, diharapakan tidak ada lagi pemadaman listrik bergilir. Dengan demikian semua sektor ekonomi baik pertanian, perdagangan, dan jasa yang infut produksinya membutuhkan pasakan listrik tidak lagi mengalami kendala baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Pembangunan industri rumah tangga dapat diperluas hingga ke pedesaan, bila daya listrik terpenuhi dengan baik hingga ke pedesaan. Bagi masyarakat yang ingin beternak Ayam misalnya, dapat meningkatkan jumlah ternaknya dengan penetasan menggunakan listrik. Bagi masyarakat pengrajin kayu dapat bekerja maksimal dengan terpenuhinya tegangan listrik. Begitupun dengan usaha perdagangan lainnya dimanapun berada, pungkasnya (yudi)

 

Tentang redaktur pelaksana

Previous BPS OKU Laksanakan Pelatihan Petugas Sakernas Agustus 2019
Next Sekda OKU : Tingkatkan Pelayanan Publik, Melalui Penanganan Pengaduan

Baca juga

Pemkab OKU Ramah Tamah Bersama Veteran, Purnawirawan, Warakawuri Angkatan 45, dan Pepabri

BATURAJA OKU-Demi menjaga silaturahmi antara para Veteran pejuang kemerdekaan dengan pemerintah. Pemerintah Kabupaten OKU menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *