Bupati OKU: Jangan Menangkap Ikan Dengan Cara Putas & Strum, Akan Habis Sampai ke Anaknya

oleh -199 Dilihat
Bupati disambut Lurah Sepancar Lawang Kulon

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis menghadiri dan panen Ikan Lele di acara Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) Ke-6 Tahun 2019 Kabupaten OKU. Kegiatan berlangsung di Simpang Tiga Batumarta Kelurahan Sepancar Lawang Kulon, Kecamatan Baturaja Timur OKU, Selasa (3/12/2019).

Acara tersebut dihadiri Angota DPRD Provinsi Sumsel Partai Nasdem Yenny Elita, Anggota DPRD OKU Partai Gerindra Parwanto Wawa, Perwakilan Forkopimda OKU, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH, Ketua TP PKK OKU, Ketua DWP OKU, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah/Kades dan undangan lainnya.

Sekda dan Kadin Perikanan tabur bibit ikan

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, Ir. Hj. Tri Aprianingsih menyampaikan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Menurutnya, ikan menjadi bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memeriahkan hari Ikan Nasional (Harkannas) yaitu Restocking (Penebaran Kembali benih Ikan) yang tujuannya untuk meningkatkan populasi ikan lokal, pemberian bantuan ke kelompok budidaya ikan, berupa kolam plastik dan kolam Bioflok, serta benih ikan dan pakan.

Pembentukan kelompok masyarakat pengawas perairan umum daratan (Pokmaswaspud) di seluruh Kecamatan yang tujuannya adalah untuk mengawasi penangkapan ikan di sungai, cekdam dan danau. Dengan adanya peringatan hari ikan nasional menjadi sangat strategis dalam rangka mendukung pengolahan sumber daya perikanan yang berkelanjutan.

Bupati panin ikan Lele bersama jajarannya

 

Ditempat yang sama Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis. mengatakan bahwa Ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan.

Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega tiga yang cukup baik bagi pertumbuhan kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden period.

Baca Juga :   Kunker Kajati Sumsel: Meninjau Persiapan Penilaian WBK Dari Kemenpan RB

Untuk itu, Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis terus mengupayakan agar masyarakat OKU semakin gemar mengkonsumsi ikan air tawar, apapun jenis ikan tersebut. Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah dan sangat mudah mendapatkannya. Apalagi di Kabupaten OKU yang banyak air dan daerahnya cocok untuk budidaya.

Dengan dibentuknya kelompok masyarakat pengawas perairan umum daratan (Pokmaswaspud) dan pengurus gabungan kelompok budidaya ikan di harapkan kelompok budidaya ikan semakin bertambah sehingga akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Foto bersama usai menabur bibit ikan

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis berharap di sepanjang Sungai Ogan dan sekitarnya dapat dijaga dan dilestarikan sehingga pertumbuhan ikan tetap terjaga dengan baik dan berkelanjutan sehingga menambah nilai ekonomi.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis mengingatkan jangan menangkap ikan dengan cara putas, strum, karena itu bisa menghabiskan seluruh ikan yang ada. kemudian, terhadap pelaku putas dan strum ada sangsi hukumnya sesuai dengan undang-undang perikanan dan ini untuk jadi perhatian kita semua.

Diakhir acara peringatan Hari Ikan Nasional, Bupati dan jajarannya melakukan penaburan benih bibit ikan ke kolam kelompok tani warga sepancar. Kemudian dilanjutkan dengan panen ikan lele yang sudah disiapkan panitia peringatan Harkannas ke-6 Kabupaten OKU, Pungkasnya (yudi).