Bupati Kuryana Azis Lepas Kontingen Kwarcab OKU Ikuti Perkemahan Wirakarya Sumsel di Muratara

oleh -58 Dilihat
Sambutan sekretaris Kwarcab Pramuka OKU

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis melepas peserta Perkemahan Wirakarya Daerah Sumateta Selatan Tahun 2019 (PWDSS 2019) perwakilan Kwarcab Pramuka OKU bertempat di Rumah Kabupaten, Jumat (22/11/2019).

Selain dihadiri Bupati Kuryana Azis, juga dihadiri Ketua Pramuka OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi. MH, Assisten III, Kadisdik H. Teddy Meilwansyah, SSTP, MM, Kadin Koperasi Paisol Ibrahim, Kadispora Hemni Rusdi, SE, Kaban Kesbangpol Taufiq, SH, MM Kabag Humas Feri Iswan, AP, MSi undangan lainnya.

“Salam Pramuka”. Sekretais Cabang Kwarcab Pramuka OKU, Alias Sanja, SPd menyampaikan, kegiatan perkemahan PWDSS 2019  berlangsung selama empat hari dari tanggal 24-28 November 2019 bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Sungai Aur Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara Provinsi Sumsel.

Arahan Bupati kepada Kwarcab OKU

Ditambahkannya, kegiatan yang diikuti Pramuka OKU diperkemahan PWDSS 2019, dimaksud adalah pembinaan mental dan spiritual, penyuluhan bahaya narkoba, kesehatan remaja,  wawasan kebangsaan dan bela negara, serta bahaya pergaulan bebas.

Kegiatan lainnya berupa bakti masyarakat, pembersihan tempat ibadah, lingkungan pemukiman, fasilitas umum, dan penghijauan/penanaman pohon produktif.   Pembinaan sikap toleransi dan  persaudaraan antar sesama anggota gerakan pramuka.

Tujuan dari kegiatan perkemahan ini adalah sebagai upaya untuk membina dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan. Pengabdian dan bakti nyata  pramuka penegak dan pandega kepada masyarakat.

Jabat tangan Kwarcab OKU dengan Bupati

Sebagai salah satu wadah pengabdian pramuka untuk mengikuti perkemahan Wirakarya  tingkat nasional tahun 2020. Kontingen Pramuka OKU mengirimkan 43 peserta terdiri dari 4 Sangga (3 putera, 1 puteri) berjumlah 32 orang. Anggota dewan kerja cabang 4 orang. Pembina pendamping 2 orang dan tim pendukung 5 orang.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis selaku Kamabicab OKU minta kepada anggota pramuka Kabupaten OKU yang mengikuti perkemahan di Kabupaten Muratara ini agar dapat menjaga nama baik OKU sesama peserta lainnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga :   Momen Sumpah Pemuda, Ketua KPI OKU Meilan Tomy Ajak Pemuda Peduli Lingkungan

Bupati berpesan, ikutilah  kegiatan perkemahan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu  yang didapatkan dari kegiatan ini bisa dijadikan pengalaman untuk memajukan kegiatan Pramuka di Kabupaten OKU.

Atraksi Kawarcab dihadapan Bupati OKU

Sebagai duta OKU untuk menjaga nama baik Kabupaten OKU dan berharap kegiatan bakti tersebut dapat digunakan untuk pembentukan karakter. Agar menjaga nama baik OKU, karena ini adalah salah satu pembentukan karakter, karakter building yang sangat bagus untuk generasi muda.

Usai acara pelepasan Ketua Pramuka OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi. MH mengatakan, kegiatan perkemahan wirakarya daerah Sumsel merupakan kegiatan Pramuka Penegak dan Pendega yang diikuti peserta dari Sumsel dalam bentuk perkemahan dengan memfokuskan kegiatan pada bakti masyarakat serta bertujuan sebagai upaya pembinaan sesuai dengan Satya Darma Pramuka, ujarnya.

BUpati foto bersama dengan Kwarcab OKU

Sebagai salah satu kegiatan bakti Pramuka Penegak dan Pandega akan mampu membangkitkan karakter generasi muda yang tentukan akan mampu beradaptasi dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Ia berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik karena memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu pembentukan karakter.

Bagaimana lewat pramuka bisa menunjukan karakter generasi yang kuat, yang mandiri menghadapi revolusi industri 4.0, jadi jaman millenial ini harus  bisa juga dihadapi dan diadaptasi oleh gerakan pramuka dan anak-anak bisa ikut maksimal dalam kegiatan itu dan berusaha menjaga integritas pramuka di OKU, pungkasnya (yudi).