BPK RI Ganjar OKU Plakat Atas Penghargaan Opini WTP 5 Kali Berturut-Turut

oleh -248 views
Bupati dan Ketua DPRD OKU teken dokumen

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis bersama Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2019. Bertempat di Kantor BPK Perwakilan Sumsel, Selasa (17/3/2020).

Pemerintah Kabupaten OKU kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kelima kalinya dari Pemerintah Pusat terhadap keberhasilan penyususunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah Tahun Anggaran 2019.

Ketua DPRD terima penghargaan dari BPK RI

Pemberian opini atas kewajaran laporan keuangan Pemkab OKU dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis menerangkan penyerahan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, sebab sebelumnya diserahkan di Jakarta namun tahun ini pemerintah pusat langsung ke daerah untuk menyerahkan.

Kuryana mengatakan, penyerahan penghargaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan, selain diberikan penghargaan WTP, Pemkab OKU juga mendapatkan plakat karena telah mendapatkan penghargaan WTP selama lima kali berturut-turut.

Jadi tidak semua Pemda bisa mendapatkan plakat, karena yang menerima ini telah mendapatkan WTP lebih dari lima kali dan alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, kita kembali mendapatkan WTP.

Bupati OKU dan Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel

Ditambahkan Bupati OKU, Drs. Kuryana Azis penghargaan ini sangat penting, terutama untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan mereka.

Banyak manfaat yang diterima dari penghargaan ini. Salah satunya adalah sebagai daerah yang sebagian besar masih bergantung dari dana transfer pemerintah pusat, pengelolaan keuangan yang akuntabel bisa ditingkatkan jumlahnya.

Baik pada Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU) ke depan untuk bisa meningkatkan kemampuan fiskal daerah kita, ungkapnya.

Mantan Wakil Bupati OKU yang berpasangan dengan Bupati Drs. Yulius Nawawi ini juga menyebut seiring dengan kebijakan yang implementatif dari Pemerintah Provinsi dan pusat.

Baca Juga :   SIDANG PARIPURNA LPJ BUPATI OKU TAHUN ANGGARAN 2017 DISEPAKATI DPRD
Foto bersama Bupati OKU dengan BPK RI

Upaya keseimbangan ini menggunakan kemampuan keuangan daerah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kegiatan yang mendorong pembangunan yang seimbang ini membuat Pemkab OKU lebih gencar lagi untuk bekerja.

Dengan momentum percepatan aksesibilitas di OKU, kita juga harus menyesuaikan, tutur Kuryana Azis yang akan maju kembali dalam Pilkada serentak September mendatang.

Atas penghargaan tersebut, Bupati OKU bertekad dan optimis akan kembali mendapatkan penghargaan WTP berikutnya. Untuk mencapai itu semua diperlukan kerja keras dan sinergitas seluruh OPD sesuai dengan aturan.

Bupati OKU mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab OKU atas segala usahanya dalam peningkatan kinerja keuangan dan berharap dapat meningkatkan prestasi yang telah diraih selama ini, pungkasnya (Adv/Samudra.News).