BLEWAH POPULER Dibulan Puasa Ramadhan, Ini Sebabnya

oleh -60 views

BATURAJA, Samudra.News-Timun Suri atau Blewah orang Baturaja menyebutnya sehari-hari menjadi salah satu minuman yang paling dicari selama bulan puasa Ramadhan. Buah ini memang terlihat banyak dijual saat Ramadhan dibandingkan dengan saat di bulan-bulan lain.

Itu sebabnya, di Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU), Blewah identik sebagai buah Ramadhan. Bahkan, kehadirannya di Pasar Baru, Pasar Pucuk, Indomaret, Alfamart dan pinggir jalan raya seolah menjadi semacam pertanda bahwa Ramadhan sudah dekat.

Fenomena kehadiran Blewah saat Ramadhan semata-mata karena permintaan pasar yang tinggi, bahkan cenderung melonjak tajam selama bulan puasa. Fenomena tersebut terjadi tidak lepas dari permintaan terhadap dua jenis buah tersebut yang melonjak tajam selama bulan puasa.

Konsumsi minuman Es Blewah selama bulan puasa Ramadhan, sepertinya memang sudah menjadi budaya bagi masyarakat di Bumi Sebimbing Sekundang, Selasa (28/4/2020).

Saking tingginya permintaan, omzet penjual Blewah di bulan Ramadhan bisa meraup rezeki berlimpah dibanding hasil menyadap karet ataupun memanen Kelapa Sawit. Buah Blewah memang cocok menjadi menu buka puasa. Hal ini lantaran konsumsinya yang menyegarkan karena kandungan airnya yang tinggi.

Timun Suri atau Blewah yang dipajang dipinggir jalan

Jenis buah tersebut mampu memberikan cadangan air dalam tubuh, dan dapat menggantikan cairan tubuh yang telah hilang selama berpuasa. Disebutkan juga bahwa Blewah pada dasarnya bukanlah jenis tanaman musiman.

Buah ini pada dasarnya bisa ditanam kapan saja asal syarat tumbuhnya terpenuhi. Waktu terbaik penanaman buah ini adalah pada musim kemarau. Pada musim kemarau setelah panen Padi Sawah.

Sementara itu, penanaman tidak dilakukan pada musim hujan, karena tanaman ini tidak tahan terhadap hujan lebat. Sehingga saat musim hujan, jarang diperoleh buah Blewah di pasaran dalam jumlah yang besar, jelasnya.

Baca Juga :   Ketua Bhayangkari Cabang OKU Temui Warga Way Heling Yang Lumpuh

Untuk diketahui Blewah kaya akan vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor. Selain itu, kandungan air dalam Blewah mencapai lebih dari 90%.  Dengan mengonsumsi 100 gram Blewah, maka kebutuhan vitamin C dan kalium dalam sehari terpenuhi sebanyak sepertiga bagian.

Sedangkan untuk sumber kalsium dan fosfor dalam 100 gram Blewah ternyata sudah mampu memenuhi setengah kebutuhan harian, pungkasnya (yudi).