Home / OKU Raya / OKU / BHAYANGKARI OKU, RAIH JUARA PERTAMA LOMBA CIPTA MENU B2SA

BHAYANGKARI OKU, RAIH JUARA PERTAMA LOMBA CIPTA MENU B2SA

Sekda OKU memberikan Tropy kepada Juara I

BATURAJA OKU-Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang ke-108 dan HUT kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018, Dinas Ketahanan Pangan OKU bekerjasama dengan Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) OKU mengelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yang dilaksanakan di Gedung Kesenian Baturaja OKU, Rabu (01/08). Acara dihadiri Bupati OKU yang diwakilkan kepada Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi, Assisten 1 dan Assisten 3, Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari, Ketua TP PKK OKU Hj Badiar Dewi Kuryana, Ketua Organisasi Wanita se Kabupaten OKU, peserta lomba dan tamu undangan.

Kegiatan lomba yang diikuti sebanyak 36 Organisasi Dharma Wanita dilingkungan Pemkab OKU, 13 utusan Kecamatan, termasuk kelurahan/desa, Polres OKU, PT Semen Baturaja, dan akhirnya juara pertama direbut oleh Bhayangkari Polres OKU.Terkait lomba cipta menu B2SA berbasis potensi sumber daya lokal ini, Bupati OKU H Kuryana Azis melalui Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi, berharap agar kegiatan ini dapat mendukung program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dan juga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi berimbang dan aman.

Bhayangkari juara pertama lomba B2SA

Ditambahkannya, dengan lomba menu B2SA ini diharapkan dapat menciptakan menu baru lokal yang terus dikampanyekan dan menumbuhkan kembali kreativitas konsumsi pangan ciri khas daerah Kabupetan OKU. Pelaksanaan kegiatan lomba ini merupakan bagian dari program Pemerintah untuk memperkuat ketahanan pangan bangsa melalui upaya diversifikasi pangan. Sebab menurutnya, B2SA ini sangat diperlukan karena, tidak ada satu jenis pangan yang gizinya lengkap untuk mencukupi kebutuhan gizi, makin beragam pangan yang dikonsumsi maka makin tinggi kualitas zat gizi yang diperoleh dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Baca Juga :   MUHAMMAD GIKO PRATAMA, 5 BESAR LULUSAN TERBAIK IPDN PERTAMA DARI OKU

Selanjutnya keragaman pangan juga harus meliputi keragaman kelompok pangan misalnya pangan pokok seperti nasi, ubi kayu, nasi jagung dan lain-lainnya. Akhirnya, kepada para peserta yang nantinya berhasil menjadi pemenang lomba, Bupati mengucapkan “Selamat dan Sukses” dan kepada yang peserta yang belum berhasil janganlah patah semangat untuk berkreasi, kita semua berharap semoga dari kegiatan ini akan menambah khasanah pengetahuan dibidang menu untuk keluarga dan konsumen lainnya. Kepada dewan juri yang telah meneliti dan menilai penyajian ini, Bupati mengucapkan penghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga niat baik akan selalu bermanfaat bagi kemajuan Bumi Sebimbing Sekundang yang kita cintai ini.

Poto bersama pemenang lomba B2SA

Sementara, ketua TP PPK OKU, Hj Badiar Dewi Kuryana menyampaikan, bahwa kegiatan lomba cipta menu B2SA ini pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU. Dirinya berharap, kegiatan yang diikuti 13 Kecamatan dan berbagai Organisasi Dharma Wanita ini diharapkan tidak hanya menjadi serimonial saja, melainkan dapat mendorongan dan meningkatkan kreativitas masyarakat dan anggota keluarga, khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakakan menu beragam, bergizi berimbangan dan aman sesuai dengan potensi sumberdaya lokal kabupaten OKU.

Sekda, Kapolres, PKK dan Dinas Ketahanan Pangan

Ditempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Jon Herli menjelaskan, agar kiranya dengan pelaksanaan lomba menu B2SA ini dapat memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk kebutuhan sehari-hari sesuai dengan potensi pangan. Karena, ketahanan pangan merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui upaya program swasembada pangan, guna mencukup kebutuhan masyarakat akan bahan makanan pokok yang tersedia dan tercukup, baik tingkat daerah maupun kebutuhan tingkat nasional, pungkasnya. (yudi)

Tentang redaktur pelaksana

Previous NARKOBA, MEMBUAT BANG TOYIB BAKAL TIDAK PULANG MAKSIMAL 12 KALI LEBARAN
Next BUPATI OKU SELATAN HADIRI PERTEMUAN DENGAN PRESIDEN DI ISTANA BOGOR

Baca juga

Begini Cara Membongkar WhatsApp Pasangan yang Diduga Selingkuh

SAMUDRA.NEWS-Perselingkuhan bisa terjadi dimana-mana, bukan hanya di tempat kerja dan pertemuan, tapi juga bisa terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *