BERMAIN ARUNG JERAM, KENANGANNYA TAK TERLUPAKAN

oleh -147 views

MUARADUA OKUS-Bermain Arung Jeram (Rafting) dengan airnya yang jernih sepanjang tahun dan lintasannya yang menantang, sepertinya tidak salah kalau lokasinya ada di kawasan wisata Danau Ranau tepatnya di sungai Selabung kecamatan Banding Agung OKU Selatan. Arung Jeram yang dikelola Ranau Rafting yang disuport dari Dinas Pariwisata Pemkab OKU Selatan, memiliki daya tarik bagi wisatawan berpetualang, karena arus dan medannya cukup menantang.

Kunjungan wisatawan untuk menikmati wisata arung jeram (rafting) di Sungai Selabung mengalami peningkatan, karena wisata petualang tersebut memiliki arus air dan medan yang dilalui cukup menantang, kata Herman, seorang pemandu wisata arung jeram Sungai Selabung Kecamatan Banding Agung OKU Selatan.

Ia mengatakan selama wisatawan naik perahu karet menelusuri sungai Selabung, mereka juga bisa menikmati panorama alam yang masih perawan sepanjang sungai menuju kearah Mekakau, mulai dengan persawahan, Danau Ranau yang indah, gunung Seminung yang tinggi menjulang, juga bukit bukit alami yang menggoda, hingga para petani dipinggir sungai Selabung melakukan aktivitasnya.

Jadi berpetualang bermain arung jeram, maka wisatawan dapat melepas kepenatan aktivitas pekerjaan yang digeluti selama ini apalagi sekarang banyak hari liburnya, baru baru ini libur tahun baru China “Gong Xi Fa Cai”, hari Sabtu dan Minggu. Mereka akan bebas berekspresi menyusuri sungai dengan jarak tempuh lebih kurang 10 hingga 13 kilometer, ucapnya.

Salah satu pegawai Dinas Pariwisata yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, wisatawan yang senang melakukan wisata arum jeram kebanyakan anak anak sekolah, pekerja kantor, ibu ibu PKK bahkan organisasi kepemudaan lainnya, namun ada juga wisatawan lokal. Kalau wisatawan nasional yang berpetualang arung jeram hampir setiap hari libur ada hari raya keagamaan, tahun baru, karena biasanya menjadi satu paket dengan tur ke objek wisata Danau Ranau yang ada di OKU Selatan dan sekitarnya, ujarnya.

Baca Juga :   MALAM TAKBIRAN di Palembang Lengang, Ditengah Situasi PSBB

Seorang wisatawan baru baru ini Anita Dewi (Ita) mengaku senang bermain arung jeram di Sungai Selabung kawasan Danau Ranau, karena airnya jernih walau dimusim penghujan, deras dan pemandanganya indah, pokoknya tidak menyesal berkunjung dan berwisata di Danau Ranau Kabupaten OKU Selatan, suatu saat nanti ingin mengulang kembali wisata adrenalin disungai Selabung ini, ujarnya.

Ditambahkannya, pemandangan dikiri kanan arung jeram indah sepanjang lintasan, selain itu arusnya cukup deras dan menantang, sehingga menjadi tantangan dalam mengendalikan laju perahu karet tersebut. Tinggal pengembangan dan termasuk untuk lokasi finishnya yang perlu dipersiapan untuk fasilitasnya kedepan. Sehingga tidak hanya olahraga arung jeramnya saja yang bisa dikembangkan, melainkan objek wisata lainnya juga. (yudi kasman)