Belanting Rivertubing Kelumpang Raih Juara Pertama di Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2023

oleh -291 Dilihat
Gubernur Sumsel Herman Deru serahkan penganugrahan

PALEMBANG,Samudra.News-Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, SE.Ak, MPd Menghadiri Acara Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumatera Selatan Tahun 2023 di Ballroom Hotel Arya Duta Palembang. Rabu (9/8/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel yang berkerjasama dengan Media Harian Sumatera Ekpress (Sumeks) dalam rangka meningkatkan potensi wisata yang dimiliki oleh setiap Desa yang ada di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyerahkan langsung penghargaan atas prestasi yang diraih oleh Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU yang telah berhasil meraih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung dalam acara Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023.

Turut hadir dalam acara ini adalah Forkopimda Sumsel, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan Bupati/Walikota Se-Sumsel.

Dari Pemerintah Kabupaten OKU, Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah diwakili Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, SE.Ak, MPd dan Sekretaris Disparbud OKU Feri Iswan, AP., M.PA serta Kabid Destinasi serta Kasi Pengembangan Pariwisata dan perwakilan Desa Wisata Kelumpang.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya menegaskan bahwa Desa Wisata yang telah berhasil masuk nominasi serta yang berhasil menjadi juara, harus dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan mengkolaborasikan wisata alam dan wisata kreasi serta mengangkat kembali mitos atau legenda rakyat yang dimiliki.

“Kegiatan ini merupakan edukasi terhadap Desa yang memiliki potensi wisata agar dapat berbenah menjadi Desa Wisata yang lebih baik lagi”, tutur Herman Deru.

Kadin, Sekdin Pariwisata dan Perwakilan Desa Kelumpang

Selain itu, Herman Deru juga mengharapkan melalui ajang penghargaan ini dapat meningkatkan keindahan bagi Desa yang memiliki potensi wisata untuk dapat lebih menggali keunggulan dan menemukan foemula yang lebih memajukan Desa nya sehingga kedepannya menjadi percontohan untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi Nasional yang mendorong kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :   Pencipta Lagu Bendel Hakiki, Berkunjung ke Istana Adat Kesultanan Palembang

Sementara itu, General Manager Sumeks Group, Hj. Nurseri Marwah melaporkan bahwa ada 38 Desa dari 17 kab/kota yang menjadi peserta pada kegiatan lomba tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan lomba tersebut dilaksanakan dengan 4 kategori yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Kriya, dan Kelembagaan.

Dalam kesempatan ini Desa Wisata Kelumpang  dengan wisata andalannya Belanting Rivertubing meraih Juara Pertama Kategori Daya Tarik Pengunjung dalam ajang Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel Tahun 2023.

Disela acara, Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, SE, Ak, M.Pd., Mengatakan Desa Wisata Kelumpang memiliki potensi wisata dengan daya tarik pengunjung tersendiri. Hal ini disebabkan potensi wisata yang ada dikelola dengan baik, seperti wisata Belanting River Tubing, pengelolaan hasil kebun berupa kopi serta kerajinan UMKM dan Kebudayaan tradisional yang tetap dilestarikan.

Selamat dan Sukses untuk Desa Wisata Kelumpang atas keberhasilannya meraih penghargaan Juara pertama Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel tahun 2023 hal ini sebagai Simbol Kebangkitan Pariwisata Kabupaten OKU (**).