BAWASLU OKU Gelar Rakernis Penanganan Pelanggaran Pilkada

oleh -36 views
Ketua Bawaslu dan peserta Rakernis pelanggaran pilkada

BATURAJA,Samudra.News-Menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Tahun 2020. Bawaslu OKU melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran, Sabtu (25/7/2020).

Kegiatan Rakernis yang pusatkan di Hotel Kemuning Baturaja ini, terkait penanganan pelanggaran pada pelaksanaan penanganan pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Tahun 2020.

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya membuka langsung Rakernis yang juga dihadiri Anggota Bawaslu OKU Kordiv Pengawasan Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal. Anggota Bawaslu OKU, Kordiv HPP Anggi Yumarta dan Koordinator Sekretariat Bawaslu OKU, Jonaidi. Peserta yakni Anggota Panwaslu Kecamatan Divisi HPP bersama staf Kecamatan se Kabupaten OKU.

Dalam sambutan Ketua Bawaslu OKU, Dewantara menjelaskan, Rakernis ini dilaksanakan sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan Pilkada. Diharapkan peserta dalam hal ini Anggota Panwaslu Kecamatan dan staf dapat menyerap dengan baik dan memahami apa yang disampaikan.

Ikuti kegiatan ini, dan pahami materi yang disampaikan sehingga pada pelaksanaannya nanti jajaran Bawaslu mulai dari Kabupaten, Kecamatan hingga ke bawah benar-benar paham dan siap dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan, kata Ketua Bawaslu OKU.

Ia menegaskan, saat ini yakni proses penyelenggaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati OKU 2020, sudah memasuki tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih. Hal ini diperhatikan betul dalam hal melaksanakan tugas pengawasan.

Pastikan pelaksanaan Coklit berjalan dengan benar dan sesuai aturan berlaku. Pastikan masyarakat mendapatkan hak pilih mereka. Jaga kondisi kesehatan pisik. Tahapan pelaksanaan Pilkada masih panjang, ujarnya.

Disamping itu, Anggota Bawaslu OKU, Kordiv HPP, Anggi Yumarta menjelaskan pelaksanaan ini memang sudah masuk tahapan Coklit. Kemarin Ketua Bawaslu OKU membagi Tiga Zona kerja untuk melakukan supervisi pelaksanaan Coklit dilapangan.

Baca Juga :   KEJARI OKU MUSNAKAN NARKOBA, SENPI, SENJATA TAJAM DAN UANG PALSU

Kemarin supervisi ke Kecamatan sudah kita lakukan. Baik itu Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya, Anggota Bawaslu Yeyen Andrizal dan dirinya sendiri. Masing-masing didampingi staf, ujar Anggi Yumarta.

Diakui Anggi, sampai saat ini belum ada Calon Bupati dan Wakil Bupati OKU yang akan bersaing. Yang ada saat ini baru sebatas Bakal Calon. Namun suasana Politik dan dukungan maupun simpatisan sudah terasa dari masing-masing Bakal Calon. Ini baru awal. persiapan pisik dan mental kita semua, ujarnya.

Anggi juga mengingatkan jajaran Panwaslu Kecamatan agar selalu kompak bersama anggota Panwaslu lainya. Sebab dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan bukan milik satu Kordiv saja,

Melainkan semua memilliki tanggung jawab bersama dalam hal melakukan pengawasan dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada Aman, Damai dan berjalan sesuai Undang-Undang dan aturan yang berlaku, pungkasnya (yudi).