Bank Mandiri Syariah Sosialisasi Perencanaan Keuangan Menjelang Pensiun di Pemkab OKU

oleh -158 Dilihat
Sekda bersama Pimp Bank Mandiri Syariah 

BATURAJA OKU-Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH membuka Sosialisasi Perencanaan Keuangan Menjelang Pensiun dan Produk Pra Pensiun Kepada PNS Sekretariat Daerah Kabupaten OKU. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Abdi Praja Pemkab OKU, Kamis (7/11/2019).

Sosialisasi tersebut selain dihadiri Sekda Pemkab OKU, juga dihadiri Branch Manager Bank Mandiri Syariah Abdul Muklis dan jajaranya, Staf Ahli Pemkab Kait, Pejabat terkait dan 36 PNS Pemkab OKU yang menjelang pensiun. Acara tresebut bertemakan “Tetap Bahagia Ketika Pensiun Tiba”.

Sekda OKU H. Achmad Tarmizi menyampaikan, lanjut usia adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas. Agar tak menjadi beban anak-cucu dan negara, kita semua bisa membahagiakan diri sendiri di hari tua, dengan sejumlah persiapan.

Ada dua jalur yang menjadi bekal di usia tua. Yakni jalur finansial alias berinvestasi dan jalur menjadi pengusaha. Melalui jalur finansial, PNS bisa memanfaatkan program dana pensiun. Perencana keuangan nanti dijelaskan pimpinan Bank Mandiri Syariah Baturaja dan akan membagikan beberapa tips menarik mengelola keuangan di masa pensiun, ujarnya.

Branch Manager Bank Mandiri Syariah, Abdul Muklis

Perencanaan masa tua mempertimbangkan sumber penghasilan ketika pensiun, rencana cadangan (kesehatan) dan rencana waris (distribusi aset).  Penghasilan hari  tua perlu persiapan jangka panjang, ujarnya.

Ditempat yang sama, Branch Manager Bank Mandiri Syariah Abdul Muklis menginformasikan beberapa orang yang sukses diusia cukup tua diantaranya: Jeff Bezos, Bill Gates, Warren Buffett dan lainnya. Kalau mareka bisa sukses kenapa kita tidak bisa, ujarnya.

Sebagai pegawai biasanya sudah memiliki program pensiun di tempat dia bekerja. Misalnya saja, dana pensiun manfaat pasti, khususnya bagi PNS, sedangkan iuran pasti bagi pegawai di BUMN dan perusahaan swasta.

Baca Juga :   Pantang Pulang Sebelum Padam, Harus Tetap Tertanam di Personel Damkar OKU

Sayang, dana pensiun itu belum mencukupi. Idealnya, mereka harus memiliki dana cukup besar untuk ditempatkan pada instrumen investasi minim risiko seperti obligasi pemerintah maupun deposito yang bisa menghasilkan return setara biaya hidup di masa pensiun.

Memasuki masa pensiun juga dibarengi penyesuaian gaya hidup dengan mengurangi konsumsi dan biaya transportasi. Penyesuaian gaya hidup, terutama konsumsi dan tempat tinggal bukan hanya melihat faktor biaya, tapi juga kesehatan.

Manajeman Bank Mandiri Syariah Baturaja

Dilanjutkan Abdul Muklis, bagi Bank Mandiri Syariah ini merupakan ajang untuk menyosialiasikan dan literasi produk dan layanan perbankan syariah kepada PNS dan masyarakat.

Kami ingin membuka akses seluas-luasnya bagi PNS dan masyarakat untuk mengenal dan menggunakan produk dan layanan kami, ujarnya. Momen ini juga bisa menjadi ajang silaturahim kepada PNS dan masyarakat OKU.

Dalam sosialisasi ini, Bank Mandiri Syariah hadir dengan berbagai produk dan layanan syariah  sebagai solusi bagi kebutuhan nasabah untuk pengelolaan dana, pembiayaan,  serta jasa transaksi. Produk layanannya adalah Tabungan BSM, Tabungan Haji/Umroh, Gadai Emas dan Cicil Emas.

Bank Mandiri Syariah selalu berupaya untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan nasabah dari sisi kualitas maupun layanan. Kami ingin PNS dan masyarakat memiliki pengalaman yang baik di dalam bertransaksi melalui jasa perbankan syariah, pungkasnya (yudi).