ASIAN GAMES PALEMBANG, JADI SEJARAH YANG FENOMENAL BAGI SUMSEL

oleh -31 views

BATURAJA OKU-Gubernur Sumsel dua periode H Alex Noerdin melakukan kunjungan silaturahim di Kabupaten OKU, Kamis (24/05). Dalam kegiatan tersebut Gubernur buka puasa bersama dan sosialisasi Asian Games 2018 bersama Direksi, Pejabat PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Bupati OKU H Kuryana Azis, Asisten, Ka SKPD, Dandim 0403/OKU, Kapolres OKU, Warga Ring I dan Undangan lainnya di Aula Wisma Ganesha PT Semen Baturaja (Pesero) Tbk.

Sebelum acara buka bersama, Dirut PT Semen Baturaja Rahmat Pribadi melalui Manager Media Relation PT Semen Baturaja, Gili Aprial Braja, melakukan pemberian bantuan sembako secara simbolis. Sebanyak 19.500 sembako untuk pabrik Baturaja. 3000 paket sembako untuk pabrik Palembang dan 1500 paket sembako untuk pabrik Lampung. Bantuan paket sembako ini merupakan bagian dari dana CSR, PT Semen Baturaja juga memberikan santunan untuk anak yatim piatu sebanyak 300 anak dan memberi dana kepada 8 masjid diwilayah ring satu pabrik PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, ujarnya.

Pada kesempatan sebelum acara buka puasa bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mensosialisasikan Asian Games 2018 dan progres kemajuan pembangunan sarana dan prasarana menyambut Asian Games di kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan sebagai tuan rumah pergelaran event olahraga se-Asia. Sosialisasi penting supaya masyarakat mengetahui manfaat pesta olahraga akbar mendatang, kata H Alex Noerdin.

Gubernur H Alex Noerdin mengatakan, hingga saat ini masih banyak masyarakat belum memahami manfaat event pesta olahraga Internasional (Asian Games) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang. Bahkan, katanya, ada yang beranggapan bahwa pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut hanya menghamburkan uang APBD, jawabnya dengan bahasa wong kito “Duit Asian Games 2018 dak make duit kito, tapi duit wong laen”.

Baca Juga :   Pemprov Sumsel Lunasi Hutang Rp1,2 Triliun Ke 17 Kabupaten/Kota

Hal yang wajar, masyarakat belum memahami makna dari Asian Games 2018 mendatang sehingga sosialisasi harus terus menerus dilakukan. Menurut Gubernur, pendapat itu kurang tepat karena pesta olahraga yang diikuti ribuan peserta tersebut banyak manfaatnya bagi Sumsel. Dengan diselengarakannya Asian Games maka pembangunan infrastruktur berkembang pesat. Yang jelas dengan adanya Asian Games 2018, Sumsel dibangun jalur Jalan Tol, Play Over, Underpass, dua Jembatan Musi yakni IV dan VI, Perbaikan Bandara, Rumah Sakit termegah, LRT dan satu satunya LRT didunia yang menyeberangi sungai, ujarnya.

Sebagai informasi, LRT saat ini telah dilakukan uji coba atau kato wong plembang “Sepur Yang Dak Turun-Turun”, lintasan LRT sepanjang 23 kilometer dengan 13 stasiun, melintasi empat mall juga dilengkapi Wi-fe dimasing masing gerbong, setiap gerbong dapat memuat penumpang sebanyak 150 sampai 200 penumpang. Mengapa Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara Asian Games 2018, bukan Surabaya, Bandung, Semarang jawabnya “Karena Sumatera Selatan kundusif, belum pernah terjadi kerusuhan berupa SARA, jelasnya.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri dan Masyarakat Sumsel”, kita juga berpengalaman dalam menyelenggarakan event-event besar diantaranya PON, Kejuaran kelas dunia lainnya. Seandainya ia masih dipercaya kembali, Alex bercita-cita ingin mengadakan pesta olahraga terbesar lainnya Olimpiade, Piala Dunia, MotoGP 2020, namun karena periode terbatas, Alex memohon maaf tidak bisa merealisasikannya, mudah-mudahan Gubernur Sumsel yang akan datang dapat meneruskan ide-ide  cemerlang tersebut.

Acara buka  puasa bersama 1439 H dan sosialisasi Asian Games 2018  di Aula Wisma Ganesha PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, juga diisi ceramah agama oleh ustadz HM Syakirun alias Kirun yang kita kenal selama ini sebagai Pelawak kenamaan ibu kota dan pelawak Polo yang sudah tobat dari jalan yang tidak benar. “Bulan puasa bulan penug berkah”. (yudi)