Antisipasi Corona, Polda Sumsel Gelar Penyemprotan Disinfektan Diarea Tertentu

oleh -77 views
Personel Polda Sumsel semprotkan disinfektan

PALEMBANG-Berbagai langkah dilakukan untuk menghindari penyebaran Virus Corona di sejumlah instansi. Salah satunya Polda Sumsel, bertempat dilingkungan Asrama, Pelabuhan, Tempat Ibadah, Bandara SMB II yang melakukan sterilisasi areal tersebut menggunakan cairan disinfektan, Minggu (15/3/2020).

Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan petugas dari Bidokkes Polda Sumsel. Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Drs, Supriadi, MM mengatakan,  penyemprotan dilakukan di bebarapa Asrama, Pelabuhan, Tempat Ibadah, Bandara dan lainnya.

Polwan berikan semprotan pembersih

Penyemprotan juga dilakukan di ruang-ruang pelayanan masyarakat. Langkah ini dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau yang biasa disebut Covid-19. Penyemprotan disinfektan cukup efektif dalam membunuh virus.

Penyemprotan terutama dilakukan pada bagian yang sering disentuh atau dipegang tangan manusia. Seperti gagang pintu, pegangan tangga, pagar, tempat duduk penumpang maupun perangkat lainnya, ujarnya.

Untuk penyemprotan memang harus dilakukan petugas yang terlatih dan mengenakan pakaian khsusus. Sebab cairan disinfektan bisa menyebabkan iritasi jika terkena kulit, jelasnya.

Untuk di Pelabuhan Bombaru Palembang dipimpin oleh Wadir Polairud  Polda Sumsel AKBP Bekti Darmanto, SST. MK, SH, MM. Menurut Wadir Polairud bersih-bersih dilingkungan pelabuhan kami kerjasama dengan Personil TNI-AL sebanyak satu Pleton, dan Personil Airud satu pleton. Kami membersihkan lingkungan yang rentan akan tertular virus.

Polwan sedang peragakan cara cuci tangan

Sementara itu di Gereja Protestan di Indonesia bagian barat Jemaat Immanuel jalan P.A.K Abdurrohim Palembang, dipimpin Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Supriadi, MM, didampingi Kabid dokes Polda Sumsel Kombes Pol dr. Syamsul Bahar, serta Kabid Keu Polda Sumsel Kombes Pol. Heny Kresnowati Soepandi Putri, SE, MSi.

Beserta personil bid dokes melaksanakan sosialisasi dan edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut badan dunia WHO kepada jemaat “Immanuel”. Selain sosialisasi personil bid dokes melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan gereja.

Baca Juga :   Kombes Pol. Drs. Lamazi, AS Bantu Korban Kebakaran Rumah di Desa Penantian
TNI AL dan Polairud sedang bersihkan lokasi

Setelah itu tim personil Polda Sumsel ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II bekerjasama dengan Personil TNI dan BPBD Sumsel memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara cuci  tangan yang baik dan benar dengan diiringi musik para personil Polwan memperagakan gerakan senam cuci tangan dan diikuti oleh masyarakat.

Ditambahkan Kabid Humas Polda Sumsel, untuk menghindari virus ini kita selalu jaga kebersihan cuci tangan apabila setelah memegang benda yang sering digunakan orang banyak,. hindari tempat- tempat keramaian yang mudah tertular virus Corona, dan sampaikan kepada keluarga, tetangga dan saudara cara mencuci tangan yang baik dan benar, pungkasnya (ril/yudi).