Anggota DPR RI Dapil II Sumsel, Percha Leanpuri Meninggal Dunia, Ini Bio Datanya

oleh
Saat Percha Leanpuri berkunjung kerumah Kuryana Azis

PALEMBANG,Samudra.News-Hj. Percha Leanpuri, BBus, MBA putri Sulung Gubernur Sumsel H. Herman Deru meninggal dunia pada pukul 17.45 WIB di Rumah Sakit Umum Muhammad Husin Palembang. Kamis, (19/8/2021).

Percha Leanpuri, lahir di Belitang OKU (24/6/1986) sekarang OKU Timur, Percha buah kasih sayang dari pasangan Herman Deru dan Febrita Lustia Deru. Nama Percha Leanpuri sendiri memiliki makna. Nama Percha Leanpuri merupakan singkatan dari “Percampuran Lematang, Ogan, Way Umpu, Komering”.

Diketahui Percha Leanpuri mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit sudah hampir dua pekan. Kondisi Percha Leanpuri menurun seusai melahirkan anaknya. Percha Leanpuri merupakan Tokoh Masyarakat yang sudah dikenal luas terutama di Sumatera Selatan.

Ia merupakan politisi muda mengikuti jejak ayah tercintanya yang saat ini menjadi Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru yang menjabat sejak 2018 lalu. Seperti halnya sang ayah, Percha Leanpuri aktif berkecimpung di dunia politik.

Diketahui Percha Leanpuri dulu adalah anggota DPD-RI periode 2009-2014, 2014-2015 dari Provinsi Sumatera Selatan. Ia kemudian berhenti pada 2015 karena pencalonannya pada Pilkada 2015 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berpasangan dengan H. Nasir Agun, MBA waktu itu lawan di Pilkada yakni Drs. H. Kuryana Azis-Drs. Johan Anuar, SH, MM.

Hj. Percha Leanpuri, BBus, MBA

Saat Percha Leanpuri sedang menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Partai Nasdem untuk Periode 2019-2024 Daerah Pemilihan Sumatera Selatan II fraksi Partai Nasdem.

Ia berasal dari keluarga yang melek politik karena hampir semua keluarganya berlatar belakang politisi. Kakek dari Ayahnya adalah seorang Pesirah di salah satu daerah Sumatera Selatan, tepatnya daerah Belitang waktu itu masih bergabung dengan Kabupaten OKU.

Kakek dari ibunya adalah mantan Walikota Palembang yang menjabat selama dua periode (Drs. H. Husni MM), sedangkan Ayahnya adalah Gubernur Sumatera Selatan periode 2018-2023 sekaligus seorang mantan Bupati OKU Timur dua Periode H. Herman Deru.

Baca Juga :   Brigjen Mohamad Hasan, Jabat Danjen Kopassus TNI-AD

Sejak usia 23 tahun, Percha Leanpuri sudah terpilih sebagai DPD RI dari Provinsi Sumatera Selatan dan menjadikannya sebagai Anggota DPD RI termuda periode 2009-2014 waktu itu (win).