50 Peserta Antusias Ikuti Lomba Layang Layang Di Desa Sumberringin Buay Pemaca

oleh -137 Dilihat
Foto bersama panitia dan peserta lomba layang layang

Buay Pemaca OKUS,SamudraNews-Sebanyak 50 peserta ikut memeriahkan perlombaan layangan di Desa Sumberringin Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan. Perlombaan ini merupakan ajang silaturahmi bagi pecinta layangan.

Ada banyak motif dan model layangan yang di tampilkan oleh para peserta. Bahkan peserta bukan hanya dari sumberringin tetapi banyak peserta dari desa tetangga bahkan dari Kecamatan lain.

“Lomba layang-layang ini merupakan kegiatan pertama yg kami adakan di Sumberringin ini. Mengingat di Sumberringin ini banyak masyarakat yang hobi terhadap Layang Layang ini”,  Kata panitia lomba layang-layang Hendra Saputra Selasa, (14/11/2023).

Menurut dia, para peserta lomba layang-layang ini dibuka untuk umum, bukan hanya dari Desa Sumberringin  saja, tetapi ini juga dari luar Desa Sumberringin bahkan wilayah tetangga, ujarnya.

“Awalnya kami perkirakan pesertanya paling hanya 30, tapi Alhmdllah ketika pelaksanaan pesertanya mencapai 50 peserta. Antusias peserta dan masyarakat sangat luar biasa banyak peserta dan penonton yg hadir untuk menyaksikan. Ini akan kita ambil juara 1,2,3 dan 4”. katanya.

Untuk penilaian akan di nilai dari keunikan layangan, ketenangan layangan saat di udara dan peserta harus menurunkan layangan tanpa menyentuh tanah.

“Jadi yang kita nilai yang pertama keunikan dari layangan, yang ke dua ketenangan layangan saat di udara dan yg terakhir peserta harus menurunkan layangan tanpa menyentuh tanah”.

Melalui lomba Layang-Layang itu, ia berharap layang-layang tetap bisa menjadi permainan tradisional favorit masyarakat.

“Masyarakat kan juga butuh hiburan ya, apa lagi sekarang ini lagi kemarau, ya semoga ke depannya layangan ini tetap menjadi permainan favorit dan tidak punah di masyarakat.” jelasnya

Selain itu Kepala Desa Sumberringin Efrizal  Yandi mengatakan Pemdes Desa Sumberringin sangat mensuport kegiatan kegiatan yg baik seperti ini.

Baca Juga :   KSAD: Lebih Baik Kehilangan 31 Prajurit Ketimbang Nama TNI-AD Rusak

“Saya dan pemerintah Desa Sumberringin tentu nya sangat mendukung kegiatan kegiatan seperti ini, di samping kita menjalin silaturahmi dengan para pecinta layangan kegiatan ini juga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat Sumberringin, kita lihat banyak masyarakat yang berjualan disini,” tuturnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah sukses melaksanakan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada panitia yang sudah sukses melaksanakan kegiatan lomba layang-layang ini, mudah-mudahan kedepan nya kita bisa melaksanakan kegiatan ini lagi mengingat atusias masyarakat yang luar biasa ini”.pungkasnya. (nov)