4 DESA DI RANAU GELAR SHOLAT IDUL FITRI SECARA BERGILIR

oleh -82 views

WARKUK RANAU OKUS-Hari ini, Jumat (15/06) umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Ribuan umat muslim memadati Masjid Darul Sholihin desa Pagar Dewa kecamatan Warkuk Ranau Selatan dimana masjid tersebut dijadikan tempat menjalankan Shalat Idul Fitri untuk giliran tahun 2018 ini, dimana tahun 2017 sebelumnya desa Sukajaya yang menjadi tuan rumah sholat Ied. Masyarakat adat keempat desa yakni Desa Pagar Dewa, Suka Jaya,Tanjung Jati dan Kotabatu sudah turun temurun bergantian mengadakan hajatan sembahyang Idul Fitri maupun Idul Adha.

Ribuan umat Islam tampak memenuhi Masjid Darul Sholihin dan jalan raya untuk menjalankan shalat Idul Fitri bersama sama. Sholat Idul Fitri hari ini sebagai Khotib Ustadz H Riswan SAg MM, dan Ceramah dan Imam Idul Fitri Ustadz H Sumanto Sag MPdI. Dalam ceramahnya Ustadz Riswan menjelaskan, setiap kebaikan kalau tidak diikuti dengan ucapan Alhamdullilah, maka kebaikan yang dilakukan oleh umat tersebut akan sia-sia belaka. Jadi hendaknya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, Insya Allah akan dilipat gandakannya rezeki kepada umatnya.

Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah di Masjid Darul Sholihin Pagar Dewa, rencananya dihadiri Bupati OKU Selatan Popo Ali, namun karena sesuatu dan lain hal beliau tidak jadi datang ke Warkuk Ranau Selatan. Namun walaupun beliau tidak jadi datang sempat mengirimkan permohonan maaf dan ucapan Selamat Idul Fitri kepada masyarakat Warkuk Ranau, Sholat tersebut tetap ramai, dari pantauan media masyarakat yang mengikuti sekitar ribuan warga. Maklum yang hadir empat desa maupun masyarakat warkuk Ranau yang dari perantauan pada pulang kampung. Acara tersebut berlangsung khusyuk, aman dan lancar. Panitia sholat Idul Fitri menerima Darma, Zakat dan lainnya sebelum pelaksanaan sebesar Rp 105.220.000,- dari para jamaah.

Baca Juga :   Pilkades: Bersainglah Secara Sehat dan Sportivitas, Kalah Menang Tetap Bersaudara

Sebelumnya, Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Jumat (15/06). Penetapan ini berdasarkan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (14/06). Sidang Isbat akhirnya menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat 15 Juni 2018. Dengan demikian hari Jumat ini kita tidak lagi berpuasa. Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri bersama-sama, maka pada hari Jumat warga Warkuk Ranau Selatan telah melaksanakannya di desa Pagar Dewa. (yudi)