3 TAHUN MENUNGGU, RSUD Baturaja Dibangun Kembali Era Herman Deru

oleh -1 views
Gubernur Sumsel dicek suhunya oleh para medis

BATURAJA,Samudra.News-Gubernur Sumsel Herman Deru (HD), didampingi Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ibnu Sutowo Baturaja OKU. Bertempat di Bekas Zal Anak RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Sabtu (6/6/2020).

Dari pantauan media acara tersebut dhadiri juga Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Irwan, SIP, MHum, Kajati Sumsel Dr. Wisnu Baroto, Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Djihartono, LO GugusTugas Covid-19 RI Brigjend (Pur) Antoni Simamora, Kepala OPD Sumsel, Wabup OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH.

Kemudian Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri bersama Anggota DPRD, Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH, Kajari OKU Bayu Pramesti, SH, Ketua PN Baturaja Agus Safuan Amijaya, SH, MH, Dansub Denpom Kapten Gatot Udiyono,  Kepala OPD Pemkab OKU dan Perwakilan RSUD Ibnu Sutowo serta tamu undangan lainnya.

Gubernur, Bupati OKU dan Forkopimda Sumsel

Ground breaking ini merupakan awal pembangunan RSUD Ibnu Sutowo yang lama dinanti warga di Bumi Sebimbing Sekundang sejak dibongkar 3 tahun yang lalu. Hari ini akan menjadi sejarah berdirinya RSUD Baturaja, dengan rencana pembangunan 5 lantai. Yang diawali dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Sumsel Herman Deru.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dalam laporannya mengatakan, terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru, DPRD OKU dan semua pihak atas dilaksanakannya peletakan batu pertama pembangunan RSUD dr. Ibnu Sutowo Baturaja OKU.

Pembangunan RSUD Ibnu Sutowo sendiri menelan anggaran sebesar 58,7 milyar rupiah, dana tersebut bersumber dari bantuan Pemprov Sumsel sebanyak 25 Milyar, dana BULD RSUD Ibnu Sutowo sebanyak 15 Milyar dan 18,7 Milyar bersumber dari APBD Kabupaten OKU.

Baca Juga :   Ini Cara Pemkab OKU Pertahankan Piala Adipura
Gubernur letakan batu pertama pembangunan RSUD

Untuk tahap pertama akan di bangun 2 Gedung yakni Gedung IGD 2 lantai dan Gedung Perawatan 5 lantai. Bupati melanjutkan, pembangunan RSUD telah lama dinantikan oleh masyarakat OKU dan sekitarnya hal tersebut disebabkan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja merupakan RSUD rujukan 5 Kabupaten/Kota yang ada di sekitar OKU termasuk dari Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.

Menurut Kuryana Azis, rencana pembangunan dan pengembangan RSUD Ibnu Sutowo telah melalui proses perencanaan dan perencanaan teknis yang cukup panjang dan berliku sehingga memakan waktu yang cukup lama yaitu hampir 3 tahun, bahkan beberapa kali warga OKU melakukan Demo atas keterlambatan pembangunan RSUD ini, ujarnya.

Kadin PU BM OKU jelaskan rencana pembangunan RSUD

Lamanya proses tersebut menurut Kuryana salah satunya karena terkendala anggaran daerah, bahkan menurut Bupati, Pemkab OKU pernah melakukan MoU dengan PT. SMI guna membiayai pembangunan rumah sakit, bahkan sampai 7 kali mendatangi PT. SMI tersebut, namun MoU tersebut akhirnya gagal direalisasikan.

Alhamdulillah berkat bantuan dari Gubernur Sumsel Herman Deru, akhirnya hari ini pembangunan dan pengembangan RSUD Baturaja bisa kita laksanakan, kata Bupati OKU yang akan mencalonkan kembali di Pilkada OKU.

Ditempat yang sama Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, RSUD tidak cukup dengan bangunan yang baik, namun mesti ditunjang tenaga medis yang baik pula, pelayanan yang baik akan memberikan sugesti bagi kesembuhan pasien.

Hal itu ditegaskan Gubernur Sumsel Herman Deru atau yang biasa dipanggil HD saat menyampaikan sambutan sebelum meletakan batu pertama pembangunan dan pengembangan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

Foto bersama Gubernur di Taman Kota Baturaja

Menurut HD, RSUD Baturaja adalah sebuah rumah sakit legenda untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu dan sekitarnya karena rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit yang telah sejak lama ada dan memberikan pelayanan kepada masyarakat di 5 Kabupaten tetangga, ujarnya.

Baca Juga :   Wabup OKU Johan Anuar Hadiri Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang RAPBD

Pembangunan ini sangat membanggakan masyarakat Kabupaten OKU, dengan pembangunan ini harus ditunjang pelayanan yang baik kepada pasien, kata Gubernur Sumsel yang murah senyum ini.

Pemprov Sumsel sendiri memberikan bantuan sebanyak 25 Milyar dalam pembangunan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja tersebut, dan kedepan Pemprov Sumsel tetap siap membantu apabila dibutuhkan.

Kalau Bupati minta, dan hasil verifikasi dan validasi dibutuhkan, maka pasti akan kita bantu, tambah Gubernur. Usai memberikan sambutannyaHD diiringi Bupati OKU, Pangdam II/Sriwijaya dan Forkopimda Sumsel maupun OKU meletakan batu pertama secara bergantian, pungkasnya (yudi).